5 Tips Bertahan di Akhir Bulan Untuk Anak Kos-an

1:54 PM 0 Comments

Gue orang outan

"Piye(gimana) le(bro) kabare(kabarnya)?"
"baik-baik aja buk"
"Sorry yo lee ibuk belum bisa kirim duit bulan ini." #ibuk gue anak gaul
"Ya gak papa bu... duit bulan kemarin masih ada kok"
"Alhamdulillah... kalo gitu, mbok Ibu pinjem duitmu dulu le.. buat arisan"

*Praaank... Banting Hape. Gue satu-in lagi pecahan hpnya trus gue banting lagi. Asem Tenan!!!

Akhir bulan memang popok momok yang mengerikan buat anak rantau kayak gue, apa lagi buat yang belum punya penghasilan. Kasian. Poto-kopian Ijazah SMA gue di tahan karena kebanyakan ngutang. Emang gue yang salah karena gak bisa ngatur keuangan. Kebanyakan sih abis buat nyenengin gebetan, ngajak makan di restoran, ngajak main di pantai pangandaran, yang terakhir abis buat beliin dia layangan. Pas tanggal tua, gue jadi penyembah recehan. 

Nah, supaya lo gak menderita kayak gue, kali ini gue kasih tips cara mengatur keuangan biar Lo bisa bertahan di akhir bulan.

1. Catat keperluan bulanan
Dulu di awal bulan, dompet gue pas tebel-tebelnya... gue beli apa aja yang gue liat. Gue liat bakso langsung gue beli, liat gadget keren langsung gue beli, liat bikini juga gue beli, buat calon bini nanti. Namun ketebalan dompet itu perlahan mulai berkutang berkurang. Dompet gue mulai terkuras gak karuan, kebanyakan sih buat nyenengin gebetan... Makanya gue mulai catet apa-apa aja yang gue perlukan selama satu bulan, supaya tau duit gue gak ilang sia-sia. Jadi gue catet secara rinci kebutuhan bulanan gue, misalnya:

Sabun, sikat gigi, odol, kolor, biaya potokopi, pulsa, bensin, modem internet, makan, minum, nyenengin gebetan dll.

2. Kepoin alam sekitar
Coba keliling sekitar kosan. Cari tau warung makan yang ada badaknya yang prasmanan yang murah meriah kalo bisa gratis, misalnya di rumah temen atau angkringan, biasanya gue sekali makan cuma abis tujuh ribu. Standar Jogja. Cari juga tempat potokopian/ngeprint yang murah kalo bisa gratis, misalnya di rumah temen. Buru laundry yang murah, ngasih banyak bonusan, kalo bisa yang gratis misalnya dirumah temen. Lampu kamar kos lo mati? jangan di buang, coba ke dokter lampu. Dijogja udah banyak sekarang, cuma lima belas ribuan daripada beli baru, 35 ribuan. Butuh buku? lo bisa pinjem sama kakak angkatan. Tapi gue pernah kapok pinjem buku kakak angkatan, pas di buka ada bekas muntahan, ternyata dia lagi hamil muda padahal baru semester tiga. Ck ck ck... sambil geleng-geleng.

3. Mandiri
Gue sadar kalo gue udah gede, udah kuliah, udah bukan saatnya manja-manjaan lagi. Disini daripada laundry dan beli makan terus-terusan, akhirnya gue mulai mencoba belajar masak. Masak mie instan. Gue juga nyuci baju sendiri sekalian sambil mandi. Keluar dari kamar mandi gue langsung dikebiri sama anak-anak satu kosan gara-gara gue, mereka telat ikut perkuliahan. Gue juga harus sering olahraga, takut kalo gue sakit nanti larinya ke duit. Ya udah gue main sepak bola. Di laptop, FIFA 2002. Jadi, jadilah pribadi yang mandiri kawan.

4. Kerja
Syukur kalo lo bisa kerja sambil kuliah, lumayan buat nambah-nambah uang jajan dan makan. Lo bisa nyoba jualan atau dropship secara online/offline, ngajar les di bimbel, waiters, op warnet, MLM, MMM dll. Banyak pokoknya... Silahkan dicoba mana yang lo suka. Semuanya udah gue coba, sayangnya gak ada yang gue suka.

5. Cari Pacar
Kalo lo cowok, pacarin cewek yang kecanduan masak. Kalo gak dapet, pacarin cowok yang kecanduan masak. Tiap malem dia bakal nganterin makanan ke kos lo. Kalo lo cewek... gue yakin lo bisa masak. Masak mie instan.

Sekian tips dari gue, semoga bermanfaat untuk kita semua, nusa, bangsa dan negara. Kalo lo ada tips lain. Why don't share via comment? Because Sharing is Amazing. :D

-fin-

Unknown

Berprofesi sebagai Penulis, seorang Web programmer, Web desainer, baik hati, sering dikatain Keren tapi gak Marah... Keren kan?

0 comments: