Perancangan Antarmuka Pengguna

5:58 PM , , 0 Comments

Perancangan Antarmuka Pengguna
Kenapa form loginnya facebook ada dipojok kanan atas? kenapa kalo google, form loginnya ada ditengah? Dan kenapa IPK-ku gak naik-naik Om???
Ya semua itu pasti ada sebabnya, jangan khawatir, kita akan usut tuntas semuanya lewat kuliah kita hari ini yaitu Perancangan Antarmuka Pengguna. Kalo yang soal IPK lo gak naik-naik... Lo bisa baca: Cara meningkatkan IPK Ala Gue

Emangnya perancangan antarmuka pengguna itu apa Ka'?
Perancangan antarmuka pengguna adalah ilmu yang mempelajari cara merancang muka pengguna supaya keliatan lebih cantik menarik atau ganteng rupawan yang dapat digunakan untuk memikat lawan jenisnya... Yaa NGGAKLaah!! Perancangan antarmuka pengguna itu adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan implementasi interaksi manusia dan komputer. A elaaah...

Kenapa kita musti belajar perancangan antarmuka pengguna?
Ya supaya aplikasi yang diciptakan gak bikin mata perih, tenggorokan kering dan susah buang air besar. Dan tentunya akan ada banyak hikmah yang bisa kita ambil dari sini, yaitu:
- Untuk optimalisasi performa interaksi manusia dengan komputer.
- Untuk membuat aplikasi yang user friendly.
- Untuk dapat memberikan penyelesaian pekerjaan dengan menggunakan tangan tanpa menarik perhatian yang tidak perlu terhadap dirinya sendiri.
- Untuk membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuan pengguna.
- Untuk mengurangi kesalahan dalam pemasukan data dan sistem pengoperasian.
- Untuk meminimalisasi tidak bisa di aksesnya suatu fungsi.
- Untuk mengurangi frustasi pemakai yang bisa mengakibatkan produktivitas yang rendah atau pemanfaatan yang rendah.
- Untuk meminimalisir gagalnya suatu sistem yang disebabkan oleh penolakan pemakai

Tu kaan banyak banget... dan coba dihapalin, siapa tau keluar pas UAS nanti.

Ada 2 jenis antarmuka, Bad User Interface dan Great User Interface. 
1. Bad User Interface tentu lo udah tau... Hmmm ya gitu deh... persis seperti yang lo pikirkan. 
2. Kalo yang Great User Interface pasti lo udah tau juga... Yupp betul! sama seperti yang lo pikirkan.

Darimana kita tau yang mana Bad User Interface dan yang mana Great User Interface?
Ya lewat testing... Misalnya lo udah bikin website jual beli Hp, trus minta temen lo(Kalo bisa yang buta huruf) untuk pesen iPhone tanpa perlu dikasih buku petunjuk. kalo kurang dari 5 menit dia berhasil pesen iPhone berarti website lo termasuk Great User Interface. Kalo dalam 1 minggu dia masih belum berhasil pesen iPhone berarti termasuk Bad User Interface, gitu braay...

Wkwkwkwk...

Becanda braay, ini 2 jenis antarmuka yang sebenarnya...
1. CLI (Command Line Interface), interface yang memakai teks  untuk berinteraksi dengan komputer. Contohnya terminal di Linux atau command prompt di Windows.
CLI Perikampus
Ini Contoh CLI
2. GUI (Graphical User Interface), interface yang memakai grafik untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan komputer. Contohnya Start Menu di Windows.
GUI Perikampus
Ini Contoh GUI
Untuk seterusnya Perancangan antarmuka pengguna gue singkat aja jadi FAP PAP biar enak bacanya. Jadi ehem ehem... PAP gue dapet ketika kuliah di semester 4, dan kali ini gak ada koding \^o^/... Jadi tenang aja, otak lo aman-lah pokoknya.

Pengertiannya udah, tujuan dan manfaatnya udah. Next ke prinsip umum PAP yang musti lo pelajari, ada 14 sebenarnya tapi gue kasih point yang pentingnya aja, dan akhirnya menjadi: 

1. Aksesibilitas
Merupakan prinsip yang menekankan agar antarmuka dapat diakses oleh berbagai pengguna dengan kemampuan yang berbeda-beda secara visual, audio, fisik dan kognitif serta berbeda pengalaman ataupun cara menyikapi teknologi.

2. Visibilitas
Memperlihatkan status sistem dan metode penggunaan sistem dengan jelas.

3. Kesederhanaan
Keserhanaan merupakan prinsip menyediakan antarmuka yang sesederhana mungkin, #YouDon'tSay dengan cara :
- Menyajikan fungsi yang umum dan perlu terlebih dahulu
- Menyediakan default
- Mengeliminasi elemen yang tidak perlu.
- Memungkinkan pengguna untuk fokus pada tugas /pekerjaannya, tanpa harus memikirkan mekanisme antarmuka.
- Menyembunyikan cara kerja di dalam komputer dan komunikasi proses komputer.
- Tidak menggunakan terlalu banyak kode dan istilah teknis

4. Efisiensi
Prinsip yang menekankan pada minimasi pergerakan mata dan tangan serta aksi kendali lain. Sistem harus sesuai dengan tugas-tugas yang dilakukan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya. Contohnya: Jalur navigasi harus sependek mungkin. Pengguna tidak boleh dipaksa untuk bernavigasi antar aplikasi atau antar banyak layar untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Repot Broo..

5. Kontrol dan Fleksibilitas
- Pengguna harus memegang kendali interaksi
- Aksi dihasilkan dari permintaan pengguna
- Aksi dapat diinterupsi dan dihentikan oleh pengguna
- Konteks harus berasal dari perspektif pengguna

6. Respon terhadap pengguna (Responsiveness)
Sistem harus menanggapi permintaan pengguna dengan cepat dan menyediakan pemberitahuan segera (secara visual, tekstual ataupun auditori) atas segala tindakan pengguna. Contohnya: Konfirmasi penghapusan data yang berupa pop up "Apa anda Yakin Ingin menghapus ini?"

7. Penanganan kesalahan
Sistem memiliki toleransi dan memaafkan kesalahan pengguna yang umum dan tidak bisa dihindari dan menyediakan pesan yang membangun ketika kesalahan terjadi.

8. Recovery
Sistem harus memiliki perintah atau aksi membatalkan atau dikembalikan, memastikan pengguna tidak pernah kehilangan hasil pekerjaannya akibat terjadinya kesalahan oleh pengguna atau terjadinya masalah pada perangkat keras & perangkat lunak Safety Melindungi pengguna dari melakukan kesalahan, bisa nangis-nangis kalo user ngisi data trus anaknya dateng ngehapus datanya dan gak punya sistem restore. Menyediakan petunjuk, pengingat (dukungan memori bagi pengguna), daftar pilihan dan bantuan lainnya. Tidak mengandalkan pengguna untuk mengingat suatu hal.

9. Kejelasan
Antarmuka sistem harus jelas secara visual, fungsi, kata dan teks. Sistem harus mudah dipelajari dan dimengerti oleh pengguna.

10. Kesan Pertama yang positif
Prinsip yang menekankan agar pengguna mau untuk menggunakan kembali setelah penggunaan pertama.

Soal sebutkan dan jelaskan prinsip PAP bakal keluar di UAS. Percayalah dan Pelajarilah.

Aarrgh... kayaknya segini dulu kuliahnya. Otak gue mulai nyut-nyutan. Yang mau nanya silahkan, tanya aja. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya!

#kuncijawaban
Kenapa facebook form loginnya ada dipojok kanan atas?
Karena facebook pengen yang pertama kali di liat pengguna ketika mengakses facebook adalah brand facebooknya dulu, baru mulai ke form loginnya... Intinya agar user dapat berlama-lama dengan facebook.

Kenapa google form loginnya ada di tengah?
Karena google pengen pengguna menghabiskan waktu sesingkat mungkin dengan google.

-fin-

Unknown

Berprofesi sebagai Penulis, seorang Web programmer, Web desainer, baik hati, sering dikatain Keren tapi gak Marah... Keren kan?

0 comments: