Pengertian Dan Jenis-Jenis Jaringan Arsitektur Komputer

5:15 PM , 2 Comments


Lo pengen buka usaha warnet? gemnet? atau jadi kernet? Kalo iya... berarti lo harus kuasai yang namanya jaringan komputer.

Emangnya jaringan komputer itu apa Ka'?

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari banyak komputer dan perangkat lain yang didesain dan dihubungkan supaya bisa bekerja sama antara lain untuk kemudahan akses informasi, komunikasi, menerima maupun memberikan layanan dari komputer satu dengan komputer yang lain. Bagian yang menerima pelayanan/informasi disebut sebagai Client dan bagian yang memberikan layanan/informasi disebut sebagai Server. Dengan adanya jaringan komputer maka akan sangat mungkin komputer-komputer bisa saling berbagi atau sharing dokumen, file, printer, dan sumber daya lainnya. Kebanyakan sih printer sama dokumen.

Manfaat adanya jaringan komputer itu ada banyak yaitu:

1. Berbagi sumber daya/pertukaran data
Dalam sebuah perusahaan akan repot jika harus menyediakan satu printer untuk setiap pegawainya... makanya dengan jaringan komputer, satu kantor bisa make satu printer tanpa harus nyabut kabel printernya trus printernya digendong dibawa ke meja kerja, dicolokin lagi, nunggu nyala, baru mulai ngeprint. Kasian juga printernya, digilir komputer satu kantor.

2. Mempermudah dalam berkomunikasi
Contoh sederhananya pas lo di chating ama mbak-mbak penjaga warnet. "Pelanggan yang terhormat anda dilarang mendownload atau membuka situs youtube karena bikin lag satu warnet. Terima kasih" Warnet macam apa ini!!!

3. Membantu akses informasi
Misalnya lo pengen ngopy lagu dari komputer temen lo, tapi gak ada yang bawa flashdisk, gak mungkin juga untuk nyabut hardisk di komputer temen lo. Nah dengan jaringan komputer, lo cukup masuk ke komputer temen lo lewat laptop lo trus copas lagunya. Beres deh.

Sekarang gue akan bahas jenis-jenis jaringan komputer diliat dari jangkauannya:

1. LAN ( Local Area Network)
Local Area Network atau LAN sering kita jumpai di kantor, kampus, maupun warnet. Jaringan LAN bisa menghubungkan lebih dari 2 komputer di dalam ruangan jarak dekat hingga beberapa kilometer saja. Jaringan ini biasanya terdiri dari komputer, printer, dan perangkat lainnya. LAN biasanya dipake dalam satu gedung.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Kalo MAN bisa memberikan layanan hingga wilayah yang luas dan kemampuan transfer datanya cepet banget. Wilayah yang bisa menjadi cakupannya bisa sampai radius 50 kilometer. MAN ini bisa juga disebut kumpulan LAN yang memiliki jangkauan yang lebih luas. Kalo MAN biasa dipake dalam satu provinsi.

3. WAN (Wide Area Network)
Ini yang treakhir, jaringan WAN memberikan layanan yang lebih luas lagi dibanding MAN. Cakupannya nggak cuma suatu wilayah aja tapi bisa sampe satu negara. WAN pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa MAN yang ada di beberapa lokasi sehingga dibutuhkan device untuk menghubungkannya yang disebut sebagai router.

Jenis-jenis jaringan komputer diliat dari arsitekturnya dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. Jaringan Client/Server
Merupakan jaringan komputer yang terdiri dari dari client dan server. Ya iyalaah!! layanan ini bisa diberikan oleh satu atau lebih komputer.

Pada jaringan client/server, ada software yang mengontrol keseluruhan kerja jaringan berada pada server. Jaringan ini bisa diatur keamanannya, setiap client harus login ke server sebelum bisa menggunakan sumber daya yang terhubung pada server. Trus si server mulai mengotentikasi si client dan memverifikasi bahwa komputer yang digunakan client tersebut mempunyai izin untuk login ke jaringan, dengan memeriksa username dan password client tersebut terhadap database yang ada pada server.

2. Jaringan Peer to Peer
Jaringan Peer to Peer merupakan jaringan komputer yang setiap komputernya bisa menjadi sebuah server atau menjadi client. Pada jaringan peer to peer, semua komputer memiliki kedudukan yang sama atau setara. Setiap komputer bisa menjadi client terhadap komputer lainnya, setiap komputer bisa pula berbagi sumber daya dan informasi dengan komputer yang berada dalam jaringan peer to peer ini. Sumber daya diletakkan secara desentralisasi pada setiap anggota jaringan, jadi administrator jaringan nggak dibutuhkan. Dalam jaringan peer to peer, dua atau lebih komputer yang telah terhubung melalui suatu jaringan dan bisa berbagi sumber daya seperti printer, fax dan/atau file tanpa harus memiliki server yang berdiri sendiri.

Aliran informasi bisa mengalir di antara dua komputer secara langsung. Namun, jaringan ini nggak sepenuhnya bebas tanpa kontrol, masih bisa digunakan password untuk memproteksi file dan folder, bisa juga diatur supaya orang-orang tertentu nggak bisa memakai sumber daya tertentu.

3. Jaringan Hybrid
Jaringan Hybrid merupakan hasil perkawinan gabungan dari jaringan client/server dan peer to peer. Terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung bisa mengelola sumber daya tanpa harus mendapatkan izin dari server. Pada jaringan Hybrid juga memiliki sifat dari jaringan client/server sehingga tingkat keamanan bisa lebih baik dengan adanya server yang memiliki fungsi layanan tertentu, misalnya sebagai file server, print server, database server, dan lain-lain.

Jaringan komputer Hybrid memiliki standar komunikasi yang berbeda secara bersamaan, seperti Ethernet dan WiFi. Jaringan ini memakai router khusus, yang namanya switch untuk menghubungkan komputer serta perangkat peripheral lainnya.

Jenis-jenis jaringan komputer diliat dari topologinya

1. Topologi Bus adalah topologi jaringan yang kedua ujungnya dibatasi oleh terminator. Bukan robot pemusnah massal yang itu di tipi itu lho. Topologi bus terolong murah, sederhana dan maksimal hanya bisa lima sampai tujuh komputer.

2. Topologi Ring adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin/ring. Pada topologi ring, jika satu titik mengalami gangguan maka komunikasi data yang lain bisa terganggu.

3. Topologi Tree adalah topologi jaringan hasil perkawinan penggabungan topologi star dan topologi bus. Kumpulan topologi star disusun dan dihubungkan ke dalam satu topologi bus sebagai batangnya atau tulang punggungnya. Disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat.

4. Topologi Mesh adalah topologi jaringan yang bentuknya seperti jala, dimana masing-masing komputer dapat terkoneksi secara langsung.

5. Topologi Linier adalah topologi jaringan ini seperti topologi bus yang disusun-susun sebaris. Memiliki satu kabel utama yang disambungkan ke beberapa komputer dan terminator.

6. Topologi Star adalah topologi jaringan dimana banyak komputer terhubung ke satu server sebagai pusatnya.

Jenis-jenis jaringan komputer diliat dari media transmisinya

1. Jaringan berkabel (Wired Network)
Jaringan ini mengunakan media kabel dalam menghubungkan setiap komputer dalam jaringan. Contohnya Warnet. Lab komputer gue juga pake kabel, tapi biasanya sama anak-anak suka dicabut trus dicolokin ke laptop mereka. Biar lebih mantap downloadnya hehehe...

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Jaringan ini nggak memakai media kabel sebagai alat penghubungnya, tetapi memakai gelombang elektromagnetik dalam setiap kiriman sinyal informasinya. Contohnya Wifi dibacanya waifai, bukan waipi. Ini yang bikin gue betah di kampus, gara-gara ini juga gue gak lulus-lulus. :(

Gimana? Belajar jaringan komputer nggak susah kan? Materi tentang Cilent/Server, Peer To Peer, dan Hybrid biasanya muncul pas UAS lho... :D

-fin-

Unknown

Berprofesi sebagai Penulis, seorang Web programmer, Web desainer, baik hati, sering dikatain Keren tapi gak Marah... Keren kan?

2 comments:

  1. makasih atas infonya ga, salam kenal dari ane ya,
    ini nemu link ente dari kaskus gan, kunjungan balik boleh lah, salam kenal ya dari ane makasi :)

    ReplyDelete
  2. jaringan komputer menghubungkan kita bos. thanks infonya..
    www.belonomi.com

    ReplyDelete