Pengertian dan Dasar-Dasar Basis Data

1:33 PM 2 Comments

Basis Data perikampus
Langsung aja braay.. hari ini gue akan membahas mata kuliah yang baru, Basis Data. Ini salah satu mata kuliah yang paling penting. Karena begitu lo bener-bener menguasai mata kuliah ini, dunia udah masuk ke genggaman lo, cewek-cewek bakal ngerubutin lo, mengumpulkan 7 bola dragon ball bukanlah hal yang tak mungkin. Percaya deh. Percaya kalo gue sukses boongin lo. Wkwkwkwk...

Apakah basis data itu termasuk instrumen musik?
Bukan Patrick basis data bukan sebuah instrumen musik. Mantan juga bukan sebuah instrumen musik Patrick. Basis data adalah suatu kumpulan dari data-data yang terorganisir sedemikian rupa sehingga data bisa disimpan dan dimanipulasi, baik untuk diperbarui, dicari, dihapus ataupun diolah dengan perhitungan-perhitungan tertentu.

Basis data versi 3 kata: Wadah Penyimpan Data.

Data apa yang disimpan?
Data nama, agama, wilayah, keuangan, kependudukan, kelahiran, kematian, status kawin, status jomblo banyaklah pokoknya...

Oke gue udah tau basis data... Now what??
Lo musti ngerti dasar-dasarnya dulu dimulai dari yang paling dasar, sebuah entitas. Entitas adalah sesuatu atau objek yang ada di dunia nyata yang berbeda dengan objek lainnya, memiliki atribut, dan merupakan pembangun suatu sistem. Contohnya, mahasiswa yang kuliah adalah sebuah entitas. Mahasiswa mempunyai atribut contohnya NIM, no hape, tanggal dan tempat lahir, ukuran kolor dll.

Nah, Atribut pun juga memiliki 5 macam tipe yaitu :
1. Simple atribute : entitas yang atributnya nggak bisa dibagi jadi bagian yang lebih kecil. Contohnya NIM mahasiswa.
2. Composite atribute : entitas yang atributnya bisa dibagi jadi atribut yang lebih kecil. Misalnya : atribut nama bisa dibagi jadi nama awal, nama tengah, dan nama akhir.
3. Single-valued attribute : entitas yang atributnya hanya bisa berisi satu nilai. Misalnya NIM mahasiswa.
4. Multivalued attribute : entitas yang atributnya bisa berisi nol, satu atau lebih dari satu nilai. Misalnya : atribut telpon, bisa jadi seorang mahasiswa punya nol, satu, atau lebih telpon.
5. Atribut turunan : entitas yang atributnya bisa diturunkan dari atribut lainnya. Misalnya : atribut umur bisa diketahui dari atribut tanggal lahir dan tanggal pada saat itu, kode pos daerah dari nomor telpon rumah, kode operator dari nomor HP, dan lain lain.

Udah ngerti? Good... Sekali lagi Good.

Tiap-tiap entitas juga memiliki relasi/hubungan. Yang gak punya relasi berarti jomblo. Misalnya entitas mahasiswa punya hubungan dengan entitas Dosen yaitu ”di ajar". Dalam merancang database alangkah baiknya kalo seluruh entitas punya hubungan dengan entitas yang lain, minimal satu. Kalo ada entitas dalam database yang nggak punya hubungan dengan satupun entitas yang lain, maka akan timbul kesalahan dalam desain. Biasanya entitas yang nggak berhubungan alias jomblo akan dimusnahkan. Makanya cepatlah kawin kawan.

Relasi juga punya 4 tipe yaitu Air, Api, Bumi, dan Udara

1. One to one : Eentitas A berhubungan dengan entitas B secara one to one, maka primary key entitas A dimuat ke dalam entitas B atau sebaliknya. Contohnya, satu mahasiswa "memiliki" satu NIM.

2. Many to one : Entitas A berhubungan dengan entitas B secara many to one, maka primary key entitas B dimuat ke dalam entitas A. Contohnya Banyak matakuliah "diambil" satu mahasiswa

3. One to many : Entitas A berhubungan dengan entitas B secara one to many, maka primary key entitas A dimuat ke dalam entitas B. Contohnya satu matakuliah "diambil" banyak mahasiswa.

4. Many to many : Entitas A berhubungan dengan entitas B secara many to many maka pemuatan primary key dari masing masing entitas akan melibatkan suatu entitas baru. Contohnya banyak mahasiswa "menaiki" banyak motor. Lebih lengkapnya bakal gue jelasin di Belajar ERD

Gimana kalo ada entitas yang sama Ka'? Misalnya ada sepasang mahasiswi yang cantik, menarik dan kembar identik mulai dari fisik, baju, sampe ukuran dalemannya pun sama?
Gak mungkin ada objek yang sama persis bro. Bahkan dari pasangan kembar identik. Untuk membedakan objek yang sama maka di ciptakanlah kunci. Namanya Primary Key. Mahasiswi yang kembar identik pun masih bisa dibedakan dari NIM-nya kan? iya kan?

Gue masih bingung... mana mungkin gue bisa langsung nentuin kalo NIM adalah primary key-nya?
Bukan gak mungkin... Itu tergantung IQ masing-masing. Kalo gue sih langsung bisa :P hehe, lo bisa bikin yang namanya candidate key. Contoh candidate key bisa mulai dari nama, tanggal lahir, NIM. Lalu disortir/disaring, atribut mana yang pantes jadi primary key-nya. Nama jelas gak mungkin, nama "Rina" pasti banyak orang punya. Tanggal lahir? hmmm... kayaknya gak mungkin juga, banyak bayi yang lahir di hari yang sama. Jadi cuma NIM yang bisa jadi primary key-nya.

Entitas dalam database harus kudu musti punya hubungan dengan entitas yang lain. Oleh karenanya, suatu entitas yang memiliki hubungan dengan entitas lain harus memuat primary key dari entitas yang ada hubungan dengannya. Pemuatan primary key ini nggak selalu pada kedua entitas yang berhubungan. Namun cukup pada entitas yang membutuhkan. Misalnya, suatu entitas mahasiswa dengan primary key NIM. Entitas mahasiswa memiliki hubungan dengan entitas mata kuliah dengan primary key Kode MK. Untuk bisa menghubungkan kedua entitas tersebut maka entitas mahasiswa tidak perlu memasukkan primary key dari entitas mata kuliah ke dalam salah satu atributnya. Namun justru entitas matakuliah yang memasukkan primary key dari entitas mahasiswa. Proses menampung primary key dari entitas lain ke dalam atribut entitas disebut juga dengan foreign key. Jenis-jenis "Key" dalam basis data akan gue bahas di Macam-macam Key BasisData

Kalo lo masih baca post ini sampe sini. Berarti lo punya semangat belajar yang tinggi dan gue anggep adek sendiri udah ngerti sama yang diatas :D. Keep scrolling down bro...

Entity Relationshit Relationship Diagram (ERD)
ERD adalah ilmu yang digunakan untuk bikin suatu model database. Trus dari model itu terciptalah sistem database. Macam-macam komponen ERD:
1. Persegi panjang : merepresentasikan entitas
2. Elips : merepresentasikan atribut
3. Belah ketupat : merepresentasikan relasi antar entitas
4. Garis : merepresentasikan link antar atribut
5. Elips dobel : merepresentasikan atribut yang memiliki banyak nilai
6. Elips bergaris putus-putus : merepresentasikan atribut turunan
7. Garis dobel : merepresentasikan total pertisipasi dari suatu entitas di dalam relationship

Ilustrasi ERD:
Ilustrasi ERD Perikampus
Yup.. Sekian post dari gue... Di pertemuan berikutnya, gue akan membahas tentang Normalisasi Basis Data

Kalo lo mau nanya atau nambahin, why don't share via comment? :D Caaooo...

-fin-

Unknown

Berprofesi sebagai Penulis, seorang Web programmer, Web desainer, baik hati, sering dikatain Keren tapi gak Marah... Keren kan?

2 comments:

  1. Saya cuma bisa bilang, "selamat mempelajari kuliah basis data 3 SKS. Semoga nilai bagus dan tidak perlu ngulang."

    Aamiin

    ReplyDelete