Perbedaan dan Persamaan Anime dengan Kartun

3:46 PM 2 Comments

Anime vs Cartoon
Gue lagi asik nonton Naruto di kampus, terjadi adegan berdarah si itachi ditusuk pake pedangnya sasuke dari balik kursi.
"Semua orang hidup terikat dan bergantung pada pengetahuan atau persepsinya sendiri, itulah yang disebut kenyataan. Tetapi pengetahuan atau persepsi itu masih sesuatu yang samar. Bisa saja kenyataan itu hanya ilusi, semua orang hidup dalam asumsi" Itachi mengakhiri kematiannya dengan quote yang keren. Sasuke spechless, sementara tsunade susunya gede. Kampret!! ternyata itu jurus khayalan ilusi itachi doang. Itachi masih hidup! Penonton kecewa :(

"Widih nonton kartun truss... Ndhik, tugas kuliah lo udah di kerjain blum? Gue mau ngopy niih" si londo nyamperin gue.
"Ini bukan kartun tapi anime" jawab gue kalem.
"halaah apa bedanya... yang lo tonton itu kartun" londo ngeyel.

Gue agak jengkel juga ngadepin ni anak... Anime dengan kartun itu beda kawan. Anime itu a.n.i.m.e sedangkan kartun itu k.a.r.t.u.n jadi beda bro. Masih ngeyel juga? ya udah gue kasih rincian persamaan dan perbedaan anime dengan kartun.

Yang pertama tentang perbedaannya

1. Asal
Dilihat dari asalnya, anime itu dibuatnya jelas di Jepang bukan di Zimbabwe. Kalo kartun itu dibuat di Amerika bukan di Afrika bukan juga di Selat sunda.

2. Grafis
Dari segi grafis juga keliatan banget kalo anime jauh lebih detail dibandingkan kartun. Yang paling mencolok di anime itu biasanya gambar pupil mata karakter yang segede bola sepak sehingga lebih cute. Kalo kartun, grafisnya lebih "asal-asalan", gambarnya nggak terlalu bagus dan detail karena lebih menonjolkan rasa humornya. Beda banget deh pokoknya!!

3. Story Line
Dilihat dari story line, kebanyakan anime cenderung lebih menceritakan pencapaian suatu individu, contohnya Naruto yang pengen jadi seorang Hokage, Luffy dalam anime One Piece yang pengen jadi raja bajak laut dan lain-lain, Alur ceritanya juga lebih rumit. Sedangkan kartun lebih mengisahkan perjalanan/kegiatan sehari-hari suatu kelompok contohnya Spongebob, Patrick dan Squidward dengan tingkah konyol mereka, atau jimmy neutron dengan penemuan-penemuan anehnya. Kebanyakan kartun tidak memiliki ending yang jelas, yaaa... karena itu tadi, hanya menceritakan kejadian sehari-hari sahaja.

4. Genre
Nggak semua anime bisa dinikmati anak-anak contohnya SMA DxD, Sekirei pure E, Sora no Otoshimnono, delel. Kasian, bisa trauma mereka kalo liat itu. Di anime, genre dewasa dan genre anak-anak ada sendiri-sendiri. Sedangkan untuk kartun bisa di nikmati oleh dewasa dan anak-anak.

Oke, sekarang gue bahas persamaannya anime dengan kartun yaitu sama-sama menggunakan teknologi animasi 2 dimensi. Udah.

Sekian perkuliahan kita hari ini. Kalo mau nanya silahkan, gak usah bayar bro. Transfer rekening aja.

Bonus:
Anime campur Cartoon
Hasil kawin silang anime dengan kartun. Namanya Antun, Anime kartun.

Anime apa Cartoon?
Kalo yang ini termasuk  anime apa kartun ya?

-fin-

Unknown

Berprofesi sebagai Penulis, seorang Web programmer, Web desainer, baik hati, sering dikatain Keren tapi gak Marah... Keren kan?

2 comments:

  1. Yang punya blog lebih memilih anime bjir, yang saya heran GRAFIK ANIME LEBIH BAGUS DARIPADA KARTUN? GAK KEBALIK?

    ReplyDelete