Pengenalan dan Dasar-Dasar HTML

1:24 PM 0 Comments

Ini manusia... Perikampus-Man!!

Gue adalah anak komputer. Bukan, gue bukan anak haram hasil perkawinan silang mouse sama monitor. Maksud gue, gue kuliah jurusan di komputer. Gue ngambil minat di Sistem Informasi. Khususnya di bagian Web.

Kenapa pilih sistem Informasi Ka'?
Karena masa kecil gue yang suram... kehilangan ortu pas nonton bareng Angling Dharma di layar tancep kampung sebelah, yang ternyata ortu dah balik duluan ke rumah. Terus gue ngeliat kelelawar. Gue takut sama kelelawar, dan orang lain juga harus ikut kedalam ketakutan gue. Gue pun jadi Bedman.

Kok jadi crita bedman gini? Yang serius dikit Napa!!
A Elaah... becanda dikit Tong! Ya Karena gue berminat dan cukup memliki kemampuan di bidang weblah. udah.

Kenapa mesti Web? kenapa? Kenapa?! KENAPA KA'?!!
Karena apa yaa.. hmmm.. ya asik aja... sekarang zaman makin maju, semuanya serba online. Mau pergi keluar negeri? bisa pesen tiket online via web, Mau beli gadget keren? bisa beli via web, Mau boker? bisa ngeluarin langsung di depan web. Jadi web adalah pilihan terbaik gue.

Ajarin gue bikin web dong!!
Baiklah langsung aja kita mulai perkuliahannya. Dan ini kesepakatannya:
1. Toleransi telat 15 menit... Kalo lo telat, gue yang keluar. Mau ke kantin.
2. Absensi via komen, yang gak komen gue doain jadi mahasiswa abadi... :P
3. Udah.

Silahkan tanda tangani kesepakatan tersebut dengan gigit jempol lo (terserah yang kanan apa yang kiri) sampe berdarah trus tempelin ke monitor Lo. Yupp udah, thank yu... Contract no Jutsu Complete.

Jadi pertama-tama kita belajar tentang sejarah Web... Helloow gue bukan guru sejarah. Gue skip aja... Langsung aja tutorial bikin web aja.

Untuk membuat sebuah website setidaknya perlu sebuah perangkat keras yaitu sebuah PC lengkap dengan monitor dan Mouse dan Keyboard.
Tambah Speaker bolehlah... Atau pake laptop. Kalo gak punya komputer ato laptop, pegimane lo baca postingan gue? #mbuuh

Selain itu harus ada juga software teks editor, terserah mau pake Sublime, Komodo edit, NetBeans atau yang lain. Gue disini pake Notepad++

Ms Excel 2003, boleh gak?
Kalo lo bisa ya gak apapa laah... gue mah orangnya gak suka maksa. Yang lo enjoy aja broo... :D

Jadi, E.. ee.. em, gue ibaratkan web itu selayaknya manusia. Manusia punya kepala, badan dan ekor. Manusia juga diciptakan berpasangan-pasangan. Seperti itu juga sebuah web, ia juga punya kepala(head), badan(body), ekor(foot) dan diciptakan berpasangan yaitu tag pembuka <head> dan tag penutup </head> untuk penutup slalu ada garis miringnya "/" kalo gak ada, Web bakal error. yang ekor gak wajib sih. 

But waiit,.. Ilustrasi gambar diatas kayak bukan manusia, lebih kayak alien deh.. betul gak sih?
Oowh.. ya karena gue gak pinter gambar. Bentuk manusianya jadi ya gitu deh. Udah gak usah protes... 

Untuk pertama gue akan pake bahasa HTML biar gampang dipahami oleh wahai kalian para pembaca.

Ketik aja atau copas ini di teks editor lo:
<HTML>
<Head>
<Title>ini Kepala Web</Title>
</Head>
<Body>
<p>Ini Badan Web</p>
</Body>
</HTML>
Kemudian save sebagai index.html. Trus klik dua kali deh... Noh bakalan nongol di browser lo.

Ya segitu dulu perkuliahan hari ini kalo ada yang masih bingung silahkan tanya aja... disini semua nama karakter dan lokasi gue samarkan.

Unknown

Berprofesi sebagai Penulis, seorang Web programmer, Web desainer, baik hati, sering dikatain Keren tapi gak Marah... Keren kan?

0 comments: